Sabtu, 28 Desember 2013

New Year, New Me?

Gue menulis blog ini tepat pukul 02.30 pagi di hari minggu tanggal 29 desember 2013.

sebelum gue menulis di blog ini, gue baru aja membuka SIAK NG gue.
buat yang gatau, SIAK NG adalah semacam rapot elektronik yang di miliki oleh Universitas Indonesia, dimana kita bisa ngeliat nilai kita yang di publish sama dosen make internet.

setelah gue melihat SIAK NG gue untuk melihat nilai baru gue, kata kata yang udah ga asing di mulut gue kembali terlontar

"Yasallam, ngulang lagi gue"

yap! di tahun 2013 sudah ada 2 pelajaran yang gue ga lulus.
dan dua duanya adalah pelajaran yang setipe.

sesaat gue merasa gue lebih ga ber-otak dari pada keledai.
tau kan quote yang bilang "keledai gabakal jatuh ke lubang yang sama buat kedua kali"
yup. buat kalian (mungkin orang tua gue ngebaca ini juga) yang nge judge gue lebih bodoh dari keledai, gue sangat amat menerima dengan senang hati.

tetapi gue barusan berfikir kalo akademis emanglah bukan jalan gue. sama sekali bukan..

dari SD, SMP, SMA gue ga pernah sama sekali ber-prestasi di bidang akademik. sama sekali engga
nilai gue cenderung di bawah rata-rata. dan untungnya gue masih terus lolos sampe detik ini.

bokap gue adalah orang yang sangat berpendidikan. se berpendidikan itu.. gelarnya lebih panjang dari pada rencana jangka panjang gue. dia seorang akademisi sejati. dia mendapat gelar professor di umur 39 tahun (kalo ga salah) dan dia sekarang masih berumur 45 tahun. sepanjang hidupnya, dia udah nulis banyak buku. sementara gue disini cuman bisa curhat sama internet tanpa ada esensinya.

bokap gue sangat ingin gue mengikuti jejaknya di bidang akademisi.. dia ga pernah bilang langsung ke gue, tetapi semua hal yang dia ucapkan menyiratkan supaya gue menjadi another him.

nyokap gue menurut sodaranya adalah orang terpinter di keluarganya. dan menurut gue juga iya.. menurut temen2nya juga iya, dia pinter. salah satu yang ngebuat kepintarannya terbukti valid adalah dia bisa ngebesarin anak macam gue...

gue punya 2 ade cewe, yang satu cecil yang satu gita.. cecil ini emang anak bokap gue banget. dia jenius, nilainya ga pernah mengecewakan orang tua gue. dia waktu smp sekolah internasional dan masih bisa punya nilai bagus padahal dia sama sibuknya kaya gue. adek gue yang kecil emang ga sepinter kakaknya.. tapi dia pernah dapet ranking di kelasnya.

lah gue? gue pernah hampir ga naik kelas waktu SMA. di kelas gue ada 40 orang dan 3 orang ga naik.. berarti yang ga naik itu rangking 40, 39 dan 38. gue ranking 37....

gue sangat mengerti kalo bokap gue melahirkan gue sebagai sebuah kesalahan. gue sadar gue ga pernah ngebuat dia bangga.

gue menang best drummer UI Art War kemaren. bokap gue adalah orang pertama yang gue bbm. dan apa rekasinya dia? yak cuman dari D jadi R. dia ga komen apa apa....

gue pernah bilang sama dia kalo gue gamau masuk UI. lebih tepatnya gue gamau kuliah akademis, gue mau masuk sekolah musik. gue jelasin sama dia panjang lebar mengenai prospek masa depan gue yang udah gue pikirin dengan cukup matang. tapi di tolak mentah mentah.. di cuman ngomong

"pendidikan itu penting. kuliah nomor 1"

gue marah. gue kecewa. gue tau semua orang tua tau yang baik buat anaknya.. tapi gue yakin walaupun mereka mau yang "terbaik" buat anaknya, tetapi anaknya sendiri lah yang tau yang terbaik buat dirinya. di saat itu gue cuman berfikir kalo mereka egois..

singkat cerita, ada hal yang membuat gue tersadar akan suatu hal yang membuat gue menyerah dan mencoba buat kuliah.
gue ngomong gini ama bokap gue. entah dia masih inget atau kaya biasanya, dia ga pernah nganggep omongan gue..

"pa, aku cuman nyoba UI. aku gatau bapak bisa ato engga tapi aku gamau bapak bantu buat masuk UI. sekarang aku belajar mati-matian dan bapak lihat nanti hasilnya, apa aku bisa masuk ato engga. biar bapak liat kapabilitas ku"

dia bilang

"oke"

gue inget banget waktu itu H-3 SIMAK UI.
kalo di ubah dalam jam, gue punya waktu sekitar 72 jam sebelum gue ujian simak
dari 72 jam yang gue punya, percaya ga percaya gue cuman tidur 5 jam dan 5 jam lainnya gue pake buat ke gereja dan siap siap simak.

mungkin itu rekor dalam hidup gue dimana gue yang banget banget dari 0, belajar sekitar 62 jam hampir non stop demi nunjukin ke bokap gue kalo mau di paksa kaya apapun gue ga bakal bisa masuk UI.

daaaaaann... gue keterima.

gue gatau apakah ada factor bokap gue ato engga dalam gue masuk UI. gue gatau dan gue gamau tau. bahkan dia ga nanya sama sekali gue keterima ato engga. dia ga ngasih selamat sama sekali.. nyokap gue yang nanya dan dia yang ngasih selamat ke gue. berarti bokap tau dari nyokap.

gue juga bingung kenapa gue keterima. jauh di dalam lubuk hati gue, gue masih mau sekolah musik. atau apapun tetapi engga akademis. gue tau kemampuan gue, gue tau kalo akademis bukan jalan gue.. gue tau kalo gue bakal mengecewakan dia lagi.

yang paling sedih, gue tau dia masih berharap.
masih berharap buat gue ngikutin jalan dia.

gue gatau ketika dia ngeliat gue, apa yang dia liat?

gue pengen ngebanggain dia, tetapi melalui jalan gue.

entah gimana caranya...

entah kapan...

gue pengen suatu hari dia ngomong "kenalin, ini anak saya" bukan sebagai sebuah formalitas seorang ayah yang mengenalkan anaknya. tetapi sebagai seorang ayah yang bangga punya anak kaya gue. andai.

setiap hari adalah hari baru dimana kita membuka lembaran baru.

di tahun 2013 ini, gue kembali gagal membanggakan orang tua gue.

New year? New Me?








ini pure curhat gue. nanti gue bakal nge-post sesuatu yang berhubungan dengan post ini. dan jauh lebih bermanfaat dari pada post gue yang ini. semoga bisa. Amin


2 komentar: